Rabu, 18 Mei 2016

Bukan Kangkung Biasa

                       

                          

                      

Aku Yustinus atau sering di sapa Nus ,adalah seorang mahasiswa kedokteran pada sebuah universitas ternama di Jerman .Kesibukanku sehari-hari adalah belajar dan belajar .Tasku selalu penuh dengan buku-buku pelajaran .Maklum jurusanku adalah jurusan tersulit di Jerman ,bahkan orang Jerman sendiri menganggap ini adalah jurusan gila ,karena kesulitannya .Selain menyibukan diri dengan belajar ,aku juga memiliki hobi lain yaitu bermain basket .Maklum jaman SMA aku piawai bermain basket dan sering menjadi idola teman2 cewek seangkatanku.

Hari itu adalah hari rabu .Sepulang dari kampus ,seperi biasanya aku menumpangi Tram jurusan rumahku .Karena capek dalam pikiranku ingin segera pulang ke rumah dan berisitirahat .Maklum aku di kampus dari pagi hinga sore .Kepenatanku semakin bertambah ketika bertemu dosen kimia yang killer dan sering aku sebut sebagai manusia tak punya hati ,karena kekilerannya .Tiba2 HPku berdering dan aku terbangun dari kantuk tadi .Ternyata Andika ,tetangga apartamenku.

Andika juga mahasiswa indonesia yang kuliah di sini ,namun ia mengambil jurusan energi terbaharukan di kampus yang sama denganku.Dia mengajakku bermain basket ,kebetulan cuaca hari ini cukup cerah dan suhu 25 derajat celsius .Selain Andika ,ada juga beberapa teman bule sejurusannya.Aku memutuskan untuk turun di perhentian berikutnya dan berjalan menuju lapangan basket dimana tempat kami sering bermain bersama.Di sana aku bertemu mereka semua .

Setelah basa basi ala kadarnya ,kami memulai permainan kami .Setelah setengah jam berlalu kamipun memutuskan untuk menyudahi permainan basket kami ,karena sudah terlanjur lelah .Akupun pulang ke rumah sendirian tanpa di temani Andika ,kawanku .Karena ia dan teman2nya hendak menemui Zabrena ,pacar dari salah satu temannya.

Aku memutuskan untuk berjalan kaki melewati lorong2 rumah ,mengingat aku sering menyusuri ketika berolahraga maupun untuk berbelanja di Zentrum (pusat perbelanjaan).Sesampainya di rumah ,sambil menghilangkan rasa capek yang ada ,aku menyetel lagu reagae kesukaanku onetox (Superman).Sembari meneguk Jus Mangga (Manggo saft) ,aku mulai memikirkan ulang tentang dua orang Maroko (Onta) yang tadi menawarkanku selinting daun Ganja seharga sepuluh euro .Bagaimana jengkelnya aku tadi ,ingin ku labrak dua orang onta itu hingga babak belur.Maklum aku tak suka merokok dan sangat benci dengan kehidupan mereka yang menururutku tak beraturan .Lingkungan dimana aku tinggal memang mayoritas adalah mereka .Lima menit berlalu ,aku tetap  terlena dengan khayalanku.Tiba2 aku dikagetkan dengan getaran hpku .


Ternyata itu pesan whatsapp dari Lisa ,teman cewekku ."Hallo Nus ,kami sudah makan ,apa belum ? Kebetulan aku hari ini masak agak banyak .Kamu mau makan di tempatku?? Kalau mau ,kamu langsunng aja ke tempatku ya ",sekian bunyi pesan singkatnya .Membaca pesannya ,detak jantungku semakin kencang dan pikiranku tak karuan .mengingat ia adalah cewek yang pernah ku taksir namun tiba2 niatku kuurungkan karena banyak pesaingnya ,heheh.Aku memikirkan bagaimana caranya untuk bercerita dengannya ketika ia mengajakku untuk bercerita .Aku tau bahwa ia adalah tipe cewek yang terbuka dan senang membagikan kisah2nya kepada orang lain .

Karena akan berhadapan dengan orang yang ku suka  akan tampak kikuk dan tak ada ide untuk bercerita .Namun dengan sedikit tekad ku beranikan diri untuk pergi ke rumahnya .Rumahnya cukup jauh dan harus naik dua kali Tram agar bisa sampai di rumahnya.Aku sempat sebelumnya sudah mengkonfir kalau akan tiba di rumahnya dalam waktu kurang dari sejam .

Sesampainya di sana ,aku di persilahkan oleh Lisa untuk masuk ke rumahnya .Aku memutuskan untuk sedikit basa basi dengannya agar lebih akrab ,walaupun itu agak sulit .Pembicaran dimulai dengan tema seputar studi hiingga aktiftas sehari2.Diapun mempersilahkan aku untuk menyantap makanan yang telah ia hidangkan .Di atas meja tersedia nasi ,sepotong daging dan yang membuatku terpana adalah "kangkut cabut ".Sayur ini cukup langka untuk kami anak rantau (mahasiswa ) di negeri orang .Untuk makan sayur ini ,biasanya setahun sekali ketika acara kumpul2 antara mahasiswa setanah air .

Saya sangat bersyukur ketika makan sayur ini dan terlebih yang menghidangkannya adalah orang spesial untukku.Kangkung tentunya sangat enak dengan di tambah sepotong daging dengan sambal terasi . Percakapan sempat terhenti dan sedikit kaku ketika lisa bertanya apakah aku sudah memiliki pacar atau belum .Akupun tampak kikuk ketika ia mulai menantikan jawabannya.Ingin rasanya aku berterus terang ,kalau aku belum memiliki pacar karena masih menunggunya ,namun tak jadi kuutarakan .Melihat aku tampak kebingungan ,iapun mengganti tema obrolan dengan memamerkan bunga hasil rangkaiannya sendiri.Akupun membalas tantangannya dengan sedikit menyinggung apakah ia juga sudah memiliki pacar atau belum .Mendengar itu iapun tersenyum tersipu2.

Jujur saja setiap kali bercerita dengannya jantung selalu berdetak .Ia memang tidak terlalu cantik ,namun manis ,dengan kulit khas indonesia sawo matang .Ditambah lagi lesung pipi yang membuat siapapun memandangnya akan tak berkedip seketika.Aku tentunya sedikit memperhatikan hal2 mengenai fisik dan lebih suka pada orang yang baik dan ramah .Dan semuanya itu ku temukan pada dirinya .Obrolanpun semakin hangat dan tak terasa malam sudah hampir larut.Aku pamit memohon pulang kembali ke rumah.Dia berjanji untuk mengundangku lagi ketika aku mempunyai waktu kosong (Freizeit).

Malam ini tidurku sedikit terlambat karena memikirkan dirinya.Serasa mimpi tadi .Sebab sangat jarang seperti itu .Bahkan riwayat chatku dengannya sangatlah sedikit.Namun aku tetap bersyukur sembari berharap hari cepat berlalu agar datang kesempatan berikutnya .Aku terus melamun di atas kasur hingga terbang ke alam bawah sadar ,di bawah mimpi .

Percakapn kami semakin sering dan intens .Mulai dari sekedar menanyakan kabar ,hingga curhat seputar pelajaran dengan saling mensuport .Perlahan-lahan tapi pasti ,ia mulai menaruh rasa suka terhadapku .Itu ditunjukan dengan sikapnya yang mulai berusaha mengontakku ketika tak ada kabar dariku .Dan itu menurut sebuah artikel yang ku baca beberapa waktu lalu tentang gejala2 cewek mulai suka dengan kamu dan satu point tadi itu sudah meyakinkan  aku tentang hal itu .

Akupun mulai menyusun rencana agar bisa "Nembak" (Katakan Cinta) pada Lisa.Namun mulai muncul keraguan di dalam benakku kalau saja aku over convidence (terlalu pd) dan si dia menolak cintaku.Dan itu akan menjadi pengalamaan yang amat dan sangat fatal bagiku yang terkenal garang ini,ibarat mimpi buruk (night mare ).

Saat terbaik datang lagi ketika dia mengajakku sekali lagi makan di rumahnya .Kami memang sering berkomunikasi namun jarang bertemu mengingat kesibukan studi masing2 .Kadang bahkan aku lupa kalau sudah makan atau belum pada hari ini .Karena saking sibuknya dengan tugas dan belajar .Kami bertemu lagi di tempat yang sama yaitu rumahnya.Kali ini obrolan kami semakin lancar da tak kaku seperti sebelumnya .Dia seperti tau kalau saya sangat menyukai kangkung tumis .Maka ia menyedikan menu yang sama seperti sebelumnya.

Tak tanggung-tanggung satu baskom penuh dengan sayur kangkung ia sediakan.Kami hari ini makan bersama dan larut dalam kebahagian .Walaupun tidak secara jujur mengutarakan persaan kami ,namun sedkit ada tanda2 alam kalau kami memang sudah saling menyukai .Pertemuan kali ini sedkit lebih lama dari sebelumnya .Karena memang berlangsunng siang hingga sore dan tentunya kami sudah semakin akrab .

Aku semakin yakin lagi kalau ia memang menaruh hati padaku ,ketika membuka instagramnya dan dia mengupload satu tulisan yang berbunyi "Kalau kamu cari yang pintar make up ,mending aku undur ,tapi kalau kamu cari yang pintar tumis kangkung ,aku paling depan .Ini seolah2 memberi kode kepadaku kalau itu aku yang dimaksudkan dalam tulisan itu (Kode Keras ).

Pertemuan demi pertemuan kami lakukan .Namun lagi2 tak ada yang berani mengungkapkan isi hatinya .Hingga tiba suatu saat ,ada pemutaran film baru kala itu yang lagi booming (Fast n Forious 7) di Kino (Bioskop).Aku mengatakan dalam hatiku ,kalau ini adalah moment terbaik yang akan aku gunakan untuk mengatakan cintaku padanya .Akupun memesan dua tiket dengan tempat duduk berdampingan dan  mengajaknya untuk nonton film ini.Ia pun tak keberatan karena kebeteluan hari sabtu dan tugas2nya sudah ia selesaikan.

Jam tujuh malam kami bertemu di pinggir Mc Donald dekat stasiun utama (Hauptbahnhof) yang sudah kami sepakati bersama.Malam itu kami duduk berdampingan.Dan kami menikmati film ini hingga akhir .Sebelum benar2 bubar ke rumah masing2 ,aku mengajaknya untuk singgah sebentar  di Mc Donald tempat kami pertama kali bertemu .itu sesuai rencanaku yang ingin menembaknya di sana.

Setelah mentraktir lisa makan di mc donald dan akhirnya aku melepaskan seluruh rasa yang selalu membuatku tegang.Aku berterus terang padanya ,bahwa aku memang suka padanya .Selanjutnya menanyankan apakah ia bersedia menjadi pacarku .Iapun mengiakan dan bercerita tentang rasanya selama ini terhadapku .Ia juga ingin jujur padaku ,namun karena malu ,makanya niatnya diurungkan.Malam ini terasa sangat panjang karena kami menikmati malam ini .Perjalanan pulang kami lakukan dengan berjalan kaki hingga halte dimana arah tram kami berpisah masing2.

Keesokan harinya aku mulai mengabarinya kalau malam tadi aku baik2 saja serta menanyakan apakah tidur malamnya juga menyenangkan.Mulai dari saat itu kami semakin dekat dan saling mensuport satu sama lain.Menjadi pacar dan teman atau lebih seperti seorang kakak dan adiknya .Setiap kali berpisah ketika bertemu atau menutup telepon selalu menggunakan password:"Kangkung Tumis ".

Hubungan kami terus berlangsung dan kami semakin mesrah .Kadang aku yang mengunjunginya atau ia yang mengunjungiku .Lisa adalah pacar sejatiku yang bukan lagi sebagai orang lain ,melainkan sebagai partner yang selalu menemaniku di saat aku susah maupun senang .Kita saling meneguhkan di saat ada masalah terlebih masalah belajar .Dia yang selalu setia menemaniku dalam tiap perkaraku.Menyadariku dari segala keangkuhanku ,bahwa dunia tak selamanya yang baik2 saja ,ada juga hal2 buruk.Demikian akhir dari catatan harianku .hehehehe.

PS:Maaf ini hanya karangan fiktif belaka yang bersumber dari khayalan teman2 saya ketika dalam suatu perjalanan jauh ke suatau tempat yang sangat indah .Nama2 tokoh tentunya adalah karangan belaka.Kalau ada pengalamaan yang kena2 sedikit ,monggo di komen or share .Haha!!!

Salam  Kayu Mulia dari gunung !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar