Kamis, 19 Mei 2016

Ekspedisi Brocken ,Menaklukan Puncak Tertinggi di Jerman Utara Ala PPI Clausthal

Untuk mengisi  hari liburan Pfingsten (Hari kenaikan Tuhan Yesus) kali ini PPI Clausthal mengadakan kegiatan pendakian ke puncak Brocken .Brocken merupakan puncak tertinggi di Pegunungan Harz (jerman utara ,dengan ketinggian 1142 m dpl).Perjalanan kami mulai dari depan Mensa TU Clausthal ,yang mana sesuai kesepakatan pada meeting (kopi darat) sebelumnya.Setelah semua peserta berkumpul kamipun mulai ekspedisi  dengan menumpangi sebuah bus carteran dari hasil patungan bersama ,mengingat khas PPI tidak cukup ,hehehe.

Perjalan kami dengan bus ke tempat persinggahan pertama ,yaitu Torfhaus memakan waktu 25 menit.Di sana kami sempat sarapan ,karena beberapa dari kami belum sarapan dan meneguk kopi panas yang di jajakan .Mengingat cuaca pagi di pegunungan yang cukup dingin di pagi hari .selain itu kami juga melakukan pemansan atau olahraga ringan agar otot2 lentur ketika kami melakukan pendakian .

Untuk diketahui Torfhaus adalah tempat persinggahan bagi para pendaki yang hendak ke Brocken .Di sini kita dapat menemukan banyak informasi mengenai puncak Brocken .Dari sini akan tampak puncak brocken ,itupun kalau cuaca sedang cerah ,kalau tidak maka akan selalu tertutup oleh kabut.Cuaca pagi ini memang kurang bersahabat karena mendung dan sedikit hujan gerimis .

Walaupun demikian pendakian kami mulai tepat pukul 09.00.Setelah berdoa bersama dan berkemas ,kamipun mulai melangkah satu per satu menyelsuri hutan .Berjalan paling depan saya bersama Reza Angkasa (Puta terbaik Clausthal) dan bang Syouma.Rombongan yang lainnya mengikuti kami dari belakang dan yang paling akhir dalam rombongan adalah bang Samuel Sinaga (Penanggung jawab kegiatan ) dan  Mikael (Ketua PPI Clausthal).

Perjalanan kami lakukaan dengan menyusuri kanal2 .Konon kanal ini adalah kanal terbaik di jerman utara ,yang di anggap sebagai warisan  oleh PBB.Kanal2 ini di buat di waktu jaman belum ada Verenigung (Penyatuan Jerman barat-Jerman timur) untuk kepentingan militer  kala itu .

Perjalanan kali ini memang menyenangkan karena diselingi dengan canda tawa dari teman2 .Terlebih celotehan dari Reza Angkasa sang  putra terbaik Clausthal yang membuat siapappun yang mendengarnya  di jamin ngakak abis ! Beberapa kali kami berisitirahat sejenak untuk berfoto2 ataupun menikmati bekal yang di bawa oleh kami masing2.Selain itu juga ada permainan Kartu Uno yang dibawa khusus oleh Kendru.

Di tengah perjalann kami berjumpa dengan kereta uap yang khusus melayani perjalan ke atas puncak Brocken .Tak ayal bila teman2 berlomba2 untuk mengabadikan moment tersebut di kamera mereka.Cuaca yang sebelumnya kurang bersahabat berangsur angsur cerah dan nampaklah puncak yang kami tuju .Dengan demikian semakin membuat kami untuk memacu kaki lebih semangat lagi agar sampai pada tujuan kami.

Akhirnya pukul  12 siang kami tiba di atas puncak brocken.Kami mulai berpose dengan gaya masing2 dan dari sudut yang kami anggap indah .Dari sini nampak membentang luas wilyah Harz(Harzgebiet ,negara bagian Niedersachsen ) dan Sachsen Anhalt .Di sini juga menjadi batas alam antara jerman timur dan jerman barat,pernah juga dibangun tembok pemisah.Namun tembok itu runtuh setelah kembali menyatu ke dua negara ini.

Kamipun mengeluarkan bekal kami yang kami bawa untuk makan siang .Seusai makan siang ,kami mengujungi museum brocken dan juga membeli beberapa souvenir .Saya sendiri membeli kartu yang berisi gambar puncak brocken ,karena memang saya memilki hobi untuk mengumpulkan kartu2 pada suatu tempat2 wisata yang saya kunjungi.

Ketika hendak foto2 disarankan langsung foto ketika ada cuaca cerah ,sebab cuaca di sini cepat sekali berubah dalam hitungan menit.Oleh karena itu beberapa foto di atas ini tampak berkabut dan samar2 .Padahal 10 menit sebelumnya tampak cerah dan mata hari besinar .

Untuk urusan buang hajat ,jangan ragu sebab di sini tersedia toilet gratis yang letaknya di dalam restoran .Untuk urusan pembelian barang2 juga ada mesin ATM yang memungkinkan kita untuk menarik uang .Dalam hati saya begumam,memang jerman ini lengkap dan terbaik sudah!! Segala sesuatu disiapkan secara baik2 hingga tete bengeknya .

Kami mengakhiri ekspedisi kami dengan foto bersama di atas sebuah nisan yang bertuliskan brocken dengan keterangan ketinggian puncak ini.Bendera merah putih kami kibarkan di atas puncak ini sebagai tanda bahwa kami adalah mahasiswa dari indonesia .Di sekitar nisan ini juga terdaat arah mata angin yang menunjukan kota2 besar seperti roma ,paris ,Magdeburg ,Weimar ,dst.

Pukul dua siang kami mulai bergegas perlahan2 meninggalkan puncak brocken .Di tengah perjalan kami berhenti lagi sejenak untuk melepass lelah sembari bermain kartu uno dan lempar bola kasti yang juga kami bawa.Langkah demi langkah kami lalui hingga sampai kembali ke  tempat persinggahan pertama tadi ,Torfhaus .Sempat sebelumnya menunggu lama di tengah perjalan ,karena rombongan terbelakang Syoma Cs belum juga nampak batang hidungnya .Ternyata mereka harus menunggu syoma yang berurusan dengan kamar belakang (Bo**r),sebab ia sakit perut hari ini.Tepat jam lima sore kami berangkat kembali ke clausthal dengan menumpangi bus yang sama .Di sini kami berpisah dengan bang Chris dan Bang Yudha yang lebih memilih mengendarai mobil sendiri .

PS:Dari Puncak Brocken (1142 m ) ,kami PPI Clausthal ,mengucapkan selamat hari kebangkitan nasional yang ke 108.(Nur das eigene Volk,das in der Lage ist,das Schicksal seines eigenen Landes zu ändern),Hanya bangsa sendiri yang mampu merubah nasib negerinya sendiri",Ir.soekarno.

Terma kasih untuk parsipasi teman2 PPI Clausthal .Banyak salam dari kami tim ekspedisi Kayu Mulia di Gunung .Bye Warkop DKI + Arie Keriting !!